19 Februari 2012

Menumbuhkan Semangat

Dalam hidup selain membutuhkan materi untuk tetap bertahan manusia juga memerlukan semangat untuk tetap tegar dalam menjalani hidup. Materi adalah benda yang bisa dilihat dan disentuh sedangkan semangat hanya bisa dirasa tanpa jelas bagaimana bentuknya. Mendapatkan materi memang tidak gampang tapi caranya jelas yaitu dengan bekerja tapi bagaimana dengan semangat yang tidak berwujud?

 
Semangat sangat berperan sekali dalam hidup. Tanpa semangat mungkin akan seperti hidup segan mati tak mau. Hidup butuh gejolak dalam hati untuk terus berjuang. Semangat bisa didapat dari dalam dan luar. Dari luar misal dari teman, sahabat, pacar dan orangtua. Namun yang paling penting adalah motivasi dari dalam diri itu sendiri. Karena bagaimana pun orang menyemangati kalau orang yang disemangati tidak ada keinginan untuk bangkit tentu akan menjadi hal yang sia-sia.

Banyak orang kehilangan semangat ketika keadaannya terpuruk. Ibarat kata dunia seakan kiamat tanpa harapan. Padahal semua ini salah. Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Kegagalan adalah ujian dari Tuhan untuk menempa manusia menjadi lebih baik lagi. Jika digambarkan dalam cerita pewayangan Gatotkaca butuh penempaan di kawah Chandradimuka sebelum menjadi ksatria sakti mandraguna. Gagal itu biasa kok, maju terus penuh semangat itu luar biasa. Tuhan tidak akan memberikan ujian melebihi kemampuan umatNya jadi yakinlah bahwa bisa melewatinya. 

Milikilah impian, ada ungkapan hidup berawal dari mimpi. Ada juga yang bilang gantungkanlah mimpimu setinggi mungkin. Jangan takut untuk bermimpi karena tidak ada hal yang mustahil jika Tuhan menghendakiNya. Untuk itu dibutuhkan motivasi dari dalam diri. Motivasi ini harus tetap dikobarkan dengan sulutan semangat dan usaha keras. Pikirkanlah betapa bangganya orangtua, teman, dan sahabat jika semua usaha tersebut berhasil. 

Setiap manusia pernah mencapai titik jenuh tertentu di mana semangat terus memudar. Ini tandanya pikiran butuh refreshing. Lupakan tentang kesibukan lupakan kegagalan lupakan masalah dan problematika dunia. Saatnya memanjakan diri dengan harapan akan datang pikiran jernih yang siap diisi dengan semangat baru. 

“Manusia BOLEH gagal tapi JANGAN menyerah ”


2 komentar:

  1. sungguh aku banget...semangat!! untuk orang orang yg penuh semangat menghadapi kegagalan.

    BalasHapus
  2. yappp mari semangat terus pantang mundur
    salam kenal

    BalasHapus

Mohon tinggalkan kritik dan saran untuk menjadikan blog ini semakin baik. Terima kasih kunjungannya.